Nilai UN Masih Jadi Variabel Seleksi Masuk PTN

0

pikiranrakyat.com

SOLO, (PRLM).- Kendati Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan hasil ujian nasional bukan penentu kelulusan, panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tetap mensyaratkan bagi siswa yang mendaftar Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mencantumkan nilai ujian nasional (UN). Apabila siswa tidak mengisi kolom nilai UN pada formulir pendaftaran, berkas siswa tersebut tidak akan bisa diproses.

“Kami mengingatkan, para pendaftar SNMPTN harus mengisi nilai UN. Pengisian jangan salah dan jangan terlambat, karena tanpa nilai UN pendaftarannya akan timbul masalah,” ujar Ketua Panitia SPMB Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof. Dr. Sutarno, kepada wartawan di kampus Kentingan, Senin (16/3/2015).

Pembantu Rektor (PR) I UNS itu menegaskan, syarat pendaftaran SNMPTN harus tuntas dengan mengisi seluruh kolom yang tersedia. Dalam kaitan itu, variabel NUN juga masih diberi ruang untuk kepentingan metodologi finalisasi seleksi.

“Kami memberikan peringatan dini, karena dalam SNMPTN sebelumnya banyak siswa mengabaikan hal pokok itu. Penyebabnya, para siswa tidak mencari informasi, bahkan banyak pendaftar lupa,” ungkapnya.

Pada tahun 2015 ini, jumlah pendaftar SNMPTN melalui UNS mencapai 50.673 siswa. Jumlah itu lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya sebanyak 48.211 orang yang memilih UNS sebagai pilihan.

“Para pendaftar itu berasal dari 4.530 sekolah, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Berdasarkan analisa kami, peningkatan itu antara lain karena peringkat UNS yang semakin baik dan Kota Solo yang semakin aman dan nyaman untuk studi,” kata Prof. Sutarno lagi.

Peningkatan jumlah pendaftar tersebut, sambungnya, bukan hanya berasal dari siswa di wilayah rayon UNS saja. Namun banyak siswa dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di wilayah luar Jawa juga mendaftar.
”Itu menunjukkan peminat UNS meningkat secara merata,” jelasnya. (Tok Suwarto/A-88)***

Share.

About Author

Leave A Reply